Langkah membuat Kesepakatan Kelas di kelas 5 SDN 1 Argotirto
Pada kesempatan PTMT ini saya membuat kesepakatan kelas
secara langsung dengan anak – anak. Saya memberikan pertanyaan terbuka dan
memencing opini anak tentang kelas dan pembelajaran seperti apa yang mereka harapkan. Kemudian
saya memfasilitasi anak untuk menyampaikan pendapatnya tertulis dan individu kemudian membahas Bersama, hal
ini saya lakukan untuk menghindari persamaan pendapat di awal, biasanya di
jenjang SD terjadi seperti itu.
Langkah selanjutnya adalah memberikan kesempatan anak untuk
menyampaikan gagasannya untuk mencapai kelas dan pembelajaran yang mereka
harapkan. Ide tersebut ditulis siswa secara terbuka di papan. Semua gagasan
diberi penguatan dan dibahas Bersama. Guru kembali bertanya kepada siswa apakah
siswa sanggup menerapkan gagasanya? Guru memberi penjelasan dan penguatan
terkait kumpulan gagasan siswa yang nantinya akan menjadi kesepakatan kelas
dengan memperhatikan kemampuan dan kebutuhan anak kelas 5 untuk mewujudkan
kelas dan pembelajaran yang diharapkan Bersama dan berkomitmen untuk
mematuhinya dengan kesadaran diri tanpa harus ada paksaan,hukuman, perintah
keras, maupun hadiah.
Guru menyusun tulisan siswa dalam mini poster dan mencetak
nya untuk arsip kelas dan nanti bisa dicetak lebih besar dalam bentuk banner. Sebagai
penguatan dan merupakan kontrak Bersama guru siswa menandatangani kesepakatan
kelas dan berkomitmen / berjanji akan menjalankan kesepakatan dengan kesadaran
diri dan sebaik – baiknya.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar